Blog

Baca Ini Dulu Sebelum Pesan Batik Seragam

Mau pesan batik seragam? Tunggu dulu! Jangan tergesa kalau tak ingin salah. Baca ini dulu sebentar, siapa tahu Anda bisa mendapatkan seragam yang lebih pas, harga bagus, dan tidak keliru.

Mungkin Anda akan memesan seragam batik untuk kantor Anda. Atau untuk seragam keluarga di acara khajatan seperti pengantin. Atau seragam batik untuk sekolah. Semuanya harus disesuaikan dengan sifat, watak, dan citra yang diinginkan dengan seragam itu.

Mengapa? Karena pada dasarnya seragam pakaian tertentu merupakan identitas yang akan dilihat dan diingat siapapun yang melihatnya berulang.

Seragam kopasus, misalnya, sekali saja kita melihat sudah masuk ke kepala kita bahwa itu adalah kopasus. Coca cola, contoh lainnya, identitas merah pada seragam dan semua tampilan identitas, memberitahu kita bahwa itu coca cola tanpa harus baca teks apapun.

Seragam Kopasus memberikan kesan gagah, berwibawa, kuat, dan tegas. Seraagam coca coal mengesankan kesegaran dan keceriaan. Inilah yang saya maksud “citra yang diinginkan untuk diingat orang”.

Jadi, sebaiknya memang dipikirkan dan dipastikan soal citra ini. Jangan sampai Anda inginkan mencitrakan diri sebagai kelas “jazz” dengan penampilan dangdut. Ingin mengesankan ramah malah tampil kampungan.

Soal pencitraan ini meliputi soal motif, warna, jenis batik, dan model jahitan (yang terakhir ini utamanya perempuan). Diskusikan hal ini dengan vendor tempat Anda memesan batik. Pemain batik berpengalaman akan berikan saran yang pas untuk Anda. Jangan seadanya.

Berikutnya, pastikan budget Anda  untuk pesan batik seragam. Berapa yang disepakati untuk mendapatkan batik seragam itu hingga barang jadi dan siap pakai. Sisakan untuk ongkos kirim, perbaikan, atau semua risiko yang mungkin terjadi. Hal ini terutama untuk pesanan seragam dalam jumlah banyak.

Jenis batik yang akan Anda pesan juga harus jelas. Biasanya, seragam batik dibuat dari batik print atau batik cap. Mengapa? Karena hampir nggak mungkin Anda bikin seragam batik tulis hingga ratusan potong. Pertama karena harganya akan sangat mahal. Kedua, waktu yang dibutuhkan untuk bisa memakai hasilnya akan sangat lama. Ketiga, warna dan motif tidak akan betul-betul seragam. Pasti toleransi ketidaksamaan akan sangat besar. Seragam batik tulis hanya mungkin jika paling banyak 10 potong.

Kalau jumlah pesanan sangat banyak, pastikan Anda memesan kepada pedagang, perajin, atau vendor yang betul-betul berpengalaman. Ini menyangkut kapasitas produksi dan ketepatan waktu dan karya.

Pedagang/perajin berpengalaman, selain mampu memproduksi dalam jumlah banyak juga bisa mengerti apa yang harus dilakukan keitka dalam hitungannya dia tidak bisa menyelesaikannya semua sendirian. Dia akan bisa bermitra dengan pengrajin lain terpercaya untuk membantu mewujudkan pesanan itu tepat waktu dan tepat tujuan…

Semoga bermanfaat. Jika Anda menganggap ini perlu diketahui orang lain, jangan lupa share. Karena ini adalah bagian dari upaya berbuat baik.

Narendra, November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Suara Pelanggan